Monday, June 1, 2009

315.000 Orang Meninggal Karena????

315.000 Orang Meninggal Karena Pemanasan Global


Jenewa,(APIndonesia.Com). Pemanasan global membunuh 315.000 orang di dunia setiap tahun. Kelaparan, penyakit, serta bencana alam merupakan merupakan dampak dari perubahan iklim. Studi yang dilakukan organisasi Forum Kemanusiaan Global (GHF) menyebutkan, jumlah korban meninggal akan meningkat menjadi 500.000 setiap tahun pada 2030.

Selain itu, dampak pemanasan global dalam bentuk penyakit dan korban bencana, juga dirasakan 325 juta orang setiap tahun. Jumlah itu akan meningkat dua kali lipat lebih dalam 20 tahun ke depan, atau sama dengan 10 persen dari total penduduk dunia yang saat ini mencapai 6,7 juta jiwa.

Organisasi yang berbasis di Jenewa, Swiss, itu juga merilis studi mengenai dampak ekonomi akibat pemanasan global, di mana kerugiannya mencapai USD125 miliar setiap tahun, jumlah yang sama dengan bantuan yang diberikan negara kaya kepada negara miskin dalam setahun. Nilai kerugian akan meningkat menjadi USD340 miliar pada 2030."Perubahan iklim merupakan tantangan kemanusiaan. Menyebabkan ratusan juta orang menderita sakit di seluruh dunia," kata Kofi Annan, Presiden GHF yang juga mantan Sekretaris Jenderal PBB seperti dikutip Reuters, Jumat (29/5/2009).

Menurutnya yang paling merasakan dampak buruk adalah negara miskin. Namun mereka tidak bisa berbuat banyak untuk mengatasinya.Laporan itu juga menyebut, negara berkembang memikul lebih banyak beban, padahal mereka bukanlah begara penghasil emisi karbon. Sebanyak 50 negara hanya menyumbang kurang dari satu persen dari emisi karbon yang memanaskan planet ini.

Untuk itu Annan mendesak negara-negara untuk melakukan pembicaraan di Kopenhagen, Denmark, Desember mendatang. Pertemuan itu merupakan kelanjutan pembahasan Protokol Kyoto, sebuah mekanisme global untuk mengatasi pemanasan

sumber: http://apindonesia.com

Comments :

0 comments to “315.000 Orang Meninggal Karena????”


Post a Comment